Model Pembelajaran Konstruktivisme

KONSTRUKTIVISME

A. Akar Sejarah Konstruktivisme
1. Konsep Belajar Konstruktivisme Jean Piaget
Dalam pandangan konstruktivisme, pengetahuan tumbuh dan berkembang melalui pengalaman. Pemahaman berkembang semakin dalam dan kuat apabila selalu diuji oleh berbagai macam pengalaman baru. Menurut Piaget, manusia memiliki struktur pengalaman dalam otaknya, seperti sebuah kotak-kotak yang masing-masing mempunyai makna yang berbeda.
Pada saat manusia belajar, terjadi dua proses dalam dirinya yaitu proses organisasi informasi dan proses adaptasi.
• Proses organisasi adalah proses ketika manusia menghubungkan informasi yang diterimanya dengan struktur-struktur pengetahuan yang sudah disimpan atau sudah ada sebelumnya dalam otak.
• Proses adaptasi berisi dua kegiatan, pertama menggabungkan atau mengintegrasikan pengetahuan yang diterima oleh manusia atau disebut juga asimilasi. Kedua mengubah struktur pengetahuan yang sudah dimiliki dengan struktur pengetahuan baru, sehingga terjadi keseimbangan.
Dalam proses adaptasi, Piaget mengemukakan 4 konsep dasar yaitu:
a. Skemata
Manusia selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan. Manusia cenderung mengorganisasikan tingkah laku dan pikirannya, hal ini mengakibatkan adanya sejumlah struktur psikologis yang berbeda bentuknya pada pada setiap fase atau tingkatan perkembangan tingkah laku dan kegiatan berfikir manusia.
b. Asimilasi
Asimilasi merupakan proses kognitif dan penyerapan pengalaman baru ketika seseorang mamadukan stimulus atau.....
link di bawah ini untuk mendownload file lenkap
hxxp://www.ziddu.com/download/8359310/3.KONSTRUKTIVISME.docx.html

Berlangganan

0 Response to "Model Pembelajaran Konstruktivisme"

Post a Comment